Senin, 25 Mei 2009

Akhirnya...Komputer saya sudah kembali sehat,he...stelah kemarin berda di "RS",he...
Pada Artikel yang lalu saya meng "Copas" sebuah Artikel dari romisatriawahono.net yang berjudul Tips menjadi Mahasiswa Sukses,sangat luarr biasa artikel dari om Romi itu berhasil "menyasarkan"lumayan banyak pengunjung ke Blog ini,he..Founder dari IKC itu memang salah satu SDM IT the Best di Indonesia,beliau juga merupakan "guru"bagi saya di dunia maya coba dech sering2 maen ke IKC dan Blognya dijamin pengetahuan anda about IT akan bertambah Luas...

dan apda akhirnya..beberapa hari yang lalu saya membuat E-Book Membuat Database denagn SQL di Delphi yang membahas mulai sejarah singkat SQL sampai saat ini,penggunaanya di Delphi dan contoh program sederhana yang harus dan wajib anda dan saya pelajari...

SQL adalah Singkatan dari (Structured Query Language).SQL adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan RDBMS(Relational Database Management System).SQL digunakan untuk membuat objek-objek database dan memanipulasi data pada database.
SQL pertama kali dikembangkan pada tahun 1970`an di laboratorium IBM-San Jose California Pertama kali dikembangkan sebagai bahasa di produk database DB2 yang sampai saat ini merupakan produk database andalan IBM. SQL sering di lafalkan dengan “sequel”.SQL selanjutnya berkembang menjadi berbagai macam dan bentuk.Setiap Vendor RDBMS seperti Ms.Acsses dkk mengembangkan versi SQL nya masing-masing.beberapa standart SQL yang diterima luas adlah SQL ANSI 92 dan SQL ANSI 99.
Perintah-perintah SQL dikelompokan menjadi 2 bagian penting yaitu DML(Data Manipulation Language) dan DDF(Data Definition Language).
DDF merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pembentukan objek-objek database,seperti Triger,Stored Procedure de-el-el.
DMF merupakan perintah SQL yang berhungan dengan manipulasi data sperti memperoleh data,memasukan,mengedit,mengupdate,dan menghapus data.permintaan/penggunaan perintah SQL pada suatu database disebut dengan Query.

Query-Query Dasar:
*SELECT,untuk memperoleh data dari tabel.
*INSERT,untuk menambah data ke tabel.
*UPDATE,untuk mengupdate data yang ada pada tabel.
*DELETE,untuk menhapus suatu record pada tabel.

PERINTAH-PERINTAH SQL

*Query dasar

Perintah SELECT digunakan untuk menampilkan field-field tertentu dari suatu tabel.
Contoh: (contoh ini menggunakan database DBDMOS pada C:\Program Files\Common Files\Borland Shared\Data\dbdemos.mdb)
Select neme,capital from country;
Ket:name dan capital adl nama field dan country adalah nama tabel.
Untuk memperoleh semua data yang ada pada tabel,contoh:
Select * from country;
Diberikan tanda asterik setelah select.

*Memfilter Data
{*Some Text Missing*}Tutorial Delphi.

Download full article as pdf.
Download Source Code.

2 comments:

Katakan Sesuatu