Senin, 10 Agustus 2009

Delphi menyediakan berbagai kemudahan bagi  programmer  untuk berkomunikasi dengan database apapun dengan berbagai metode data akses yang di sediakannya.apa lagi untuk mengakses database Oracle sehingga muncul suatu istilah “if you want talk with Oracle,Go to Delphi” .berikut adalah beberapa metode data akses standar  yang disediakan(Delphi 7):

1.BDE(Borland Database Engine)
BDE adalah teknologi awal yang ditawarkan Delphi kepada programmer/Developer pada versi awalnya dan merupakan satu-satunya teknologi database yang ditawarkan Delphi pada saat itu.saya gak asal nulis lho tapi berdasarkan Sumber yang dapat dipercaya…pada awalnya BDE ini adalah Paradox Engine untuk mengakses database Paradox yang Seterusnya dikembangkan agar dapat mengakses database local lain seperti dBase,FoxPro,Accsess,dan text File. {Untuk info aja ternyata Transtool dikembangkan dengan BDE dengan database Paradox}.
BDE juga dikembangkan agar dapat mengakses Remote Database server,Delphi menyediakan beberapa BDE Sopir eh Driver yang dikenal denagn nama SQL Links untuk mengakses RDBMS seperti: Oracle,DB2,Sybse,Informix,MS SQL server dan Interbase.BDE juga dapat mengakses database lain lewat ODBC Driver.
Walaupun begitu BDE juga banyak kelemahan..BDE adalah Engine yang besar dengan banyak File yang dibutuhkan Intalasi/Distribusi aplikasi dan membutuhkan banyak memori. Saya juga pernah baca di suatu Blog yang saya lupa lagi nama blognya,bahwa sejak tahun 2002 Borland tidak lagi mengUpdate SQL Links.SQL Links tidak akan disertakan lagi dalam Produk Delphi setelah tahun 2002.jadi Delphi Versi 7 adalah Update terakhir dari SQL Links.itulah alas an mengapa saya tidak menyukai BDE.

2.dbGo(ADO)
dbGo adalah Implementasi ADO (Activex Data Object) di Delphi yang merupakan Standar Microsoft untuk pengaksesan data.digunakan untuk mengakses database melalui OLEDB. dbGo juga dikenal dengan nama ADO yang terdapat pada Component Pallete ADO.saya menyarankan anda memakai metode  data akses ini untuk pengembangan aplikasi database stand alone dari pada menggunakan BDE.

3.dbExpress
dbExpress adalah Library penaksesan data yang bersifat Cross Platform,merupakan standar akses data baru dari Delphi untuk Platform Win32.
dbExpress adalah Library yang sangat Ringan dan cepat untuk mengakses RDBMS(Remote Database Server) seperti Oracle,DB2,Sybse,Informix,MS SQL server ,Interbase,dan MySQL Server.

4.IBExpress
IBExpress adalah teknologi khusus untuk mengakses Interbase Server.IBExpress tidak dapat digunakan untuk mengakses remote Database server lain.jika anda membuat aplikasi database hanya untuk Interbase dan tidak ingin memindahkannya ke database server lain,maka IBExpress adalah Pilihan yang paliiing tepat. kelebihan jika anda menggunakan IBExpress:
-IBExpress memberikan Kontrol/kendali data akses yang lebih luas terhadap Interbase Server disbanding mengakses Interbase server menggunakan mekanisme datakses lain. IBExpress mempunyai komponen khusus yang menangani Transaksi dan melakukan koneksi langsung ke Client Library Interbase.ini membuat aplikasi tidak membutuhkan library lain selain Client Library Interbase yaitu gds32.dll. terdapat di Component Pallete Interbase.

5.ZEOS(Third Party)
Selain metode data akses yang disebutkan di atasada sebuah komponen data akses third party yang open source yaitu Zeos,zeos banyak sekali dipakai dikalangan programmer  Delphi karena fleksibilitas nya ,kemudahan dan kecepatannya mengakses RDBMS seperti:
Oracle,DB2,Sybse,Informix,MS SQL server ,Interbase,dan MySQL Lite,Firebird.


*E-Book Database Delphi II(fajardelphiscript)
*Interbase Server
*IBExpert(Adminstration Tool 4 Interbase)

*Bonus Link Tutorial Koneksi dengan MySQL

Semoga Setiap Karakter di Postingan ini bermanfaat ^__^

4 comments:

Posting Komentar

Katakan Sesuatu